Blogger Themes

News Update :

Cara Menyusun RPP

Selasa, 26 Juli 2011

Sebelum ke contoh RPP Teknik Pemesinan yang saya buat disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara penyusunan RPP tersebut.

Landasan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah PP No. 19 Tahun 2005 Pasal 20 yaitu Perencanaan Proses Pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

Alur RPP adalah sebagai berikut :

Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)——Silabus ——RPP.

Jadi pertama-tama kita pelajari SK dan KD dari mata pelajaran yang akan kita ajarkan, kemudian rumuskan dan buat silabusnya baru kemudian membuat RPP.

Komponen-komponen RPP minimal terdiri dari :

  • Tujuan Pembelajaran

  • Materi ajar

  • Metode Pembelajaran

  • Sumber Belajar

  • Penilaian Hasil Belajar

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran  : …

Kelas/Semester : …

Pertemuan Ke-   : …

Alokasi Waktu   : …

Standar Kompetensi : …

Kompetensi Dasar : …

Indikator   : …


I. Tujuan Pembelajaran : …

II. Materi Ajar : …


III. Metode Pembelajaran: …

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

  • Kegiatan Awal: …

  • Kegiatan Inti: …

  • Kegiatan Akhir: …


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar: …

VI. Penilaian: …

Langkah-langkah Menyusun RPP

1.Mengisi kolom identifikasi
2.Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
3.Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah
disusun
4.Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan

5.Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran
6. Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
7. Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
8. Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
9. Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran, dll

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright ARTIKEL BLOGS 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.